Bali United dan Persija Sumbangkan Pemain Muda Untuk Timnas

Keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait penangguhan aturan penggunaan pemain U-23 dalam Go-Jek Traveloka Liga 1 2017 membuat klub-klub yang dipanggil timnas akan diuntungkan.

Hal sama juga akan dirasakan oleh tim-tim yang selama ini banyak mengoleksi pemain senior dan minim memiliki pemain muda.

Dari 26 nama yang dipanggil pelatih Luis Milla ke timnas Indonesia U-22 untuk kualifikasi Piala Asia U-23 dan SEA Games 2017, terdata bahwa Bali United dan Persija Jakarta masuk daftar.

Pasalnya, dua klub memiliki pemain muda terbanyak.

Memang, harus diakui kualitas pemain-pemain muda di setiap klub tidak merata.

Karena itu, PSSI menganggap perlu untuk melakukan perubahan regulasi dengan membolehkan setiap klub tak memainkan pemain U-23 atau mengembalikan ke regulasi lama.

Siapa saja klub yang akan merugi karena kerja keras mengoleksi dan membina pemain muda?.

Tentu saja klub seperti Bali United, Bhayangkara FC, Arema FC, dan Persipura FC harus mengorbankan pemain muda mereka yang sudah disiapkan dari awal andai dipanggil timnas.

Mereka pun kini harus banyak memainkan pemain senior, untuk mengimbangi klub lain yang tak memiliki stok pemain muda bagus.

Sementara, ada klub-klub yang ala kadarnya merekrut pemain muda, tapi punya banyak pemain senior yang berpengalaman akhirnya diuntungkan karena pelatih mereka tak perlu pusing-pusing melakukan bongkar pasang pemain muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *