Misi Berat Persebaya Tanpa Dukungan Bonek

Kehadiran Bonek, kelompok suporter militan Persebaya Surabaya, kembali ditolak. Menjauh dari Bonek, laga tunda Grup 5 Liga 2 2017 PSBI Blitar kontra Persebaya Surabaya dialihkan ke tempat netral. Bajul Ijo pun berjibaku tanpa dukungan di Bantul.

PSBI mestinya menjamu Persebaya pada 6 Mei 2017. Tapi, panpel pertandingan tak mendapatkan izin dari pihak keamanan di wilayah mereka. Semua menghindari risiko yang kerap ditimbulkan Bonek. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator terpaksa menunda dan memindahkannya.

Jadwal baru sudah ditetapkan. Perebutan tiga poin vital yang dibutuhkan PSBI dan Persebaya buat membuka jalan menuju 16 besar digulir Selasa, 11 Juli 2017 di Stadion Sultan Agung, Bantul. Bukan sekadar ditunda dan digeser ke Bantul, laga PSBI kontra Persebaya juga harus bersih dari penonton.

Ini jelas kerugian bagi kedua kubu, terutama Persebaya. Maklum, selama ini sepak terjang Bajul Ijo tak lepas dari hiruk pikuk Bonek. Para pendukung fanatik itu berperan membakar etos perjuangan pemain di lapangan. Tribun penonton sepi dari Bonek tentu saja berdampak terhadap tim.

Itu diakui Chaerul Basalamah, tim manajer Persebaya. “Militansi Bonekmania tak perlu diragukan. Saat kami tarung di kandang Martapura FC, dua ribuan Bonek datang langsung menyemangati kami. Berjuang tanpa dukungan mereka di Bantul, gereget tim pasti berkurang,” tutur Chaerul.

Meski begitu, Chaerul percaya  Rishadi Fauzi dkk bakal tetap berupaya tampil maksimal demi merebut hasil terbaik. Apalagi, sejak dibesut Angel Alfredo Vera, mereka lebih konsisten. Rapor mereka juga membaik. Di laga terakhir, Bajul Ijo berderap mantap. Persatu Tuban ditekuk 2-0.

Bersama Vera, Persebaya mampu melepaskan diri dari jeratan papan bawah klasemen Grup 5 Liga 2 2017. Mantan pelatih Persipura Jayapura itu melesatkan Bajul Ijo ke tiga besar dengan raihan 8 poin. Bahkan, jika menang atas PSBI, mereka bisa menyodok Martapura FC di puncak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *