Ganti Oli Mesin dan Transmisi Fortuner Tiap Berapa Km?

Jakarta Hallo detikOto, saya pemilik Toyota Fortuner bensin bertransmisi otomatis tahun 2005. Yang mau saya tanyakan untuk penggantian oli mesin atau oli transmisi sebaiknya diganti tiap berapa km?

Karena saya benarbenar awam untuk mobil matik. Saya mohon info nya untuk perawatan mobil saya biar awet, atas sarannya saya ucapkan terima kasih.

Noor Faizah Fitriah

Jawaban :

Hallo Noor Faizah,

Penggantian oli mesin dan transmisi sesuai dengan manual maintenance khususnya kilometer yang ada. Misalkan 10.000 km mesin, misalkan dalam 6 bulan tidak tercapai, lebih baik ganti olinya, sesuai rekomendasi dari bengkel resmi ( karena oli berpotensi rusak karena oksidasi meski KM tidak tercapai).

Begitu juga untuk transmisi misal umur 60.000 km dalam waktu tertentu tidak tercapai (biasanya 23x oli mesin) 1 kali oli transmisi. Jadi kalau engine 6 bulan, transmisi di 1 tahunnya.

Terus jika umur mesin dan transmisi sudah panjang/lama misal sudah ada problem oli berkurang banyak karena keausan mesin. Mungkin bisa dipendekkan 1/2 dari standar buku manualnya.