Sandiaga: Target Program DP 0 untuk Masyarakat Kelas Menengah dan Rendah

Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebutkan program unggulannya berupa rumah dengan DP nol rupiah tetap diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu dan kelas menengah.

Adapun sebelumnya Sandi mengungkapkan, peserta program ini adalah mereka warga DKI Jakarta yang berpenghasilan antara Rp 7 sampai 10 juta per bulan.

“Prinsipnya, kami ingin memberi hunian yang layak kepada masyarakat. Baik itu yang berpenghasilan di bawah atau lebih dari Rp 7 juta,” kata Sandi melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com pada Rabu (12/7/2017).

Menurut Sandi, penjelasan terdahulunya soal klasifikasi penerima program DP nol rupiah dengan kisaran penghasilan Rp 7 sampai 10 juta masih dalam kajian.

Skema final program ini dijanjikan untuk dijelaskan secara gamblang pada Oktober 2017 nanti, sesudah dia dilantik sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Program DP nol rupiah targetnya jelas, untuk masyarakat kelas menengah dan rendah agar bisa memiliki rumah,” tutur Sandi.

Pada masa awal kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017, Sandi bersama pasangannya Anies Baswedan mensosialisasikan program rumah DP nol rupiah sebagai salah satu program unggulan mereka.

Program ini juga berkalikali disebut untuk membantu warga kelas menengah ke bawah di Jakarta yang punya impian memiliki hunian mereka sendiri.

Detil program yang masih bisa dilihat di laman resmi AniesSandi, yakni www.jakartamajubersama.com, masih tertera keterangan bahwa penerima program ini adalah warga DKI Jakarta dengan penghasilan total rumah tangga maksimal sekitar Rp 7 juta per bulan.

Kini, Sandi menjelaskan hal yang berbeda. Dia menerangkan, perkiraan total penghasilan penerima program rumah DP nol rupiah adalah mereka dengan penghasilan Rp 7 sampai 10 juta per bulan.

Tidak cukup sampai di sana, peserta program juga harus dapat menyisihkan sejumlah uang tiap bulannya sebagai cicilan untuk huniannya nanti.