Naik Haji dengan Bersepeda dari Inggris untuk Galang Dana Suriah

Delapan Muslim Inggris akan berangkat menunaikan ibadah haji dengan naik sepeda selama lima minggu untuk berdakwah dan menggalang dana perlengkapan kesehatan bagi korban perang di Suriah dengan target 500.000 poundsterling atau Rp 8,5 miliar.

Perjalanan menunaikan ibadah haji, bertolak dari masjid di London timur, seusai shalat Jumat (14/7/2017), akan menempuh waktu selama lima minggu.

Perjalanan mengayuh sepeda menujuh Mekah di Arab Saudi itu akan melewati 10 negara, kata salah seorang peserta yang juga penyelenggara Hajj Ride, Abdul Wahid.

Dalam perjalanan ini, mereka akan melakukan tiga kali penyeberangan dengan feri, termasuk dari Inggris ke Perancis, Italia ke Yunani, dan Mesir ke Arab Saudi.

“Hajj ride adalah inisiatif untuk mengembalikan esensi haji ke bentuk asalnya, saat kita harus melakukan perjalanan selama berbulanbulan bahkan bertahuntahun untuk menjalankan salah satu pilar Islam, yaitu beribadah haji,” kata Wahid.

Ada tujuan lain juga yaitu kami ingin membangun kesadaran menolong orang yang menderita dan membutuhkan di Suriah. Kami berusaha menyediakan bantuan medis dan menggalang dana untuk itu,” tambahnya.

Delapan Muslim Inggris ini akan berkemah dalam perjalanan sekitar 3.500 kilometer menuju Arab Saudi ini.

Lebih dari empat puluh orang mendaftar untuk ikut serta dan mereka yang ikut dipilih dengan kondisi fisik yang kuat serta berkarakter baik, mengingat perjalanan panjang yang sulit.

“Sejauh ini kami sudah mengumpulkan lebih 100.000 poundsterling ( sekitar Rp1,7 miliar) dan kami berusaha mengumpulkan 500.000 poundsterling (Rp 8,5 miliar) Insya Allah, untuk bantuan medis.

Ini spesifik karena kami berusaha membantu lewat makanan dan medis. Kami menyadari ada orangorang yang menderita di Suriah di daerah yang tidak dikepung kelompok ISIS, kami tahu orangorang ini sangat membutuhkan bantuan medis dan makanan,” kata Wahid mengacu pada kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).