Tinggalkan AC Milan, Honda Merantau ke Meksiko

Pachuca Keisuke Honda sempat berstatus pengangguran usai memutuskan tak memperpanjang kontraknya di AC Milan yang berakhir pada Juni 2017. Namun kini pemain asal Jepang itu sudah memiliki pekerjaan baru.

Secara mengejutkan, dari AC Milan, Honda memilih berkarier di salah satu klub profesional Liga Meksiko, yakni Pachuca. Klub peserta Liga MX itu mendapatkan Honda dengan status bebas transfer.

Kesepakatan antara Honda dan Pachuca diumumkan pada Jumat (14/7/2017). Disebut mengejutkan karena awalnya gelandang berusia 31 tahun itu diprediksi bakal beralih ke MLS, Amerika Serikat. Los Angeles Galaxy dilaporkan sangat tertarik menampungnya.

“Saya baru saja menandatangani kontrak dengan Pachuca dari Meksiko, saya berharap bisa segera bertemu dengan para penggemar,” tulis Honda dalam bahasa Spanyol di akun Twitternya.

Dengan keputusan itu, Honda pun dipastikan memiliki pengalaman bermain di lima negera berbeda. Ia mengawali karier profesionalnya di Jepang bersama Nagoya Grampus. Lalu, ia sempat berkiprah di Belanda bersama VVV Venlo.

Dari Venlo, pemain kelahiran 13 Juni 1986 itu mengarungi petualangan di Rusia bersama CSKA Moscow. Lalu setelah itu ia memilih bergabung dengan AC Milan (Italia).

Sayang, ia tak mendapat banyak kesempatan bermain di AC Milan pada musim 2016/2017. Cedera membuat Honda hanya bisa tampil dalam sembilan pertandingan. Secara keseluruhan, ia tampil dalam 92 laga, mencetak 11 gol, dan menciptakan 14 assist.