Konser ala K-Pop Konon Bikin Jenderal Korut Teteskan Air Mata

Analisis terhadap rudalrudal itu mengungkapkan bahwa Korea Utara sekarang memiliki teknologi maju, untuk pembidikan sasaran dan kemampuan meluncurkan rudal dari kapal selam.

Pengujian yang teranyar pada rudal Hwasong14 menjadi yang terpenting hingga saat ini, karena membuktikan adanya kemampuan rudal balistik antarbenua (intercontinental ballistic missiles, ICBM.)

Rudal yang baru dikembangkan itu terbang 2.500 kilometer ke angkasa dalam lintasan tegak, kirakira tujuh kali lebih tinggi daripada International Space Station (ISS), lalu kemudian tercebur di Laut Jepang atau dikenal pula sebagai Laut Timur.

Jika ditembakkan secara mendatar, maka rudal itu bisa mencapai Alaska, walaupun sejumlah analis menduga bahwa mesin pendorongnya dimatikan lebih dini saat pengujian. Jadi, diperkirakan jangkauan sebenarnya lebih jauh lagi.

Hwasong14 mampu membawa hulu ledak nuklir, walaupun belum jelas apakah Korea Utara sudah bisa menciptakan hulu ledak dalam ukuran yang cukup kecil untuk bisa diangkut oleh rudal.

Menurut Korea Selatan, pihak Utara juga memiliki teknologi yang berhasil membawa rudal itu kembali ke Bumi, menuju ke suatu sasaran.

Rezim itu secara terangterangan bertujuan mengembangkan senjata nuklir yang bisa menghancurkan Amerika, walaupun mereka mengaku senjata itu hanya untuk pencegahan agar rezim tidak dilengserkan.

Sebelumnya, Presiden Trump bersumpah tidak akan membiarkan Kim mengembangkan senjata demikian, lalu mengirimkan armada kapalkapal induk dan kapalkapal selam nuklir ke kawasan itu untuk menggentarkan.

Trump juga amat berharap pada China untuk memperketat sanksi pada rezim Kim Jongun agar menghentikan program persenjataan, walaupun upaya itu belum berhasil hingga kini.

Sementara itu, para penasihat Presiden AS telah berulang kali menegaskan bahwa semua pilihan masih terbuka terkait Korea Utara, termasuk peperangan.

Kebanyakan analis sepakat bahwa Kim Jongun mungkin akan berhasil mengembangkan senjata nuklir yang bisa menjangkau Amerika Serikat dalam beberapa tahun ke depan, atau bahkan sebenarnya sudah ada sekarang.