Gunakan Taktik Jitu Ini Jika Ingin Menang dalam Berargumen

Sebagai makhluk sosial, manusia seringkali memiliki perbedaan pendapat dan cara pandang terhadap sesuatu. Maka tidak heran, ketika berdiskusi seringkali kita berada dalam situasi yang menegangkan karena perbedaan pendapat. Lalu bagaimanakah cara agar adu argumen tersebut berjalan dengan tenang dan pendapat Anda menang?

Dilansir dari Independent, Jumat (21/7/2017), berikut taktik yang bisa membantu Anda memenangkan argumen secara sopan dan berpendidikan.

Jangan mencoba terobsesi untuk menang
Menyerang gagasan seseorang dan menempatkan mereka pada posisi tersudutkan adalah cara yang biasa digunakan. Namun, mulailah berlatih untuk membawa pandangan rekan Anda pada percakapan dan kesimpulan yang logis, sehingga Anda bisa menang secara spontan tanpa harus terobsesi untuk memenangkannya.

Hormati Perspektif Orang Lain
Tidak peduli betapa konyolnya argumen seseorang, Anda harus bisa menghormati perspektif dari orang tersebut jika Anda ingin memenangkan sebuah perdebatan. Menurut seorang profesor psikologi University of California, Petter Ditto mengungkapkan bahwa ketika seseorang mampu menghargai orang lain dengan cara tertentu, maka mereka akan cenderung mudah menerima informasi yang lebih positif. Hal itu dikarenakan hubungan emosional yang terbentuk ketika menghargai orang lain, akan membuat Anda lebih logis dari yang sebelumnya.

Ajukan Pertanyaan Terbuka
Apabila Anda tengah menghadapi pertengkaran, baik itu dengan keluarga maupun pasangan, maka ajukanlah pertanyaan terbuka agar memungkinkan mereka untuk membuka diri lebih besar. Begitu pula di tempat kerja, pertanyaan terbuka yang diajukan bisa mentransformasikan interaksi yang kompetitif menjadi kooperatif.

Yakin
Jika ingin pendapat Anda didengarkan oleh orang lain, maka berilah mereka keyakinan dan kepercayaan diri. Sebuah studi pada tahun 2013 menemukan bahwa orangorang akan mendengarkan pendapat orang lain yang bertindak meyakinkan, seolaholah mereka memang tahu semua hal mengenai kebenaran akan suatu hal.

Tunjukkan bahwa orang lain juga setuju
Menurut Robert Cialdini dalam bukunya Psikologi Persuasi, bukti sosial adalah cara terbaik untuk membuat orang percaya dengan apa yang Anda katakan. Hal ini merupakan kecenderungan untuk menunjukkan bukti kepada mereka bahwa ada orang lain yang setuju dengan pendapat yang Anda kemukakan. Semakin banyak orang yang Anda tunjukkan sebagai bukti sosial, maka semakin besar peluang Anda untuk memenangkan perdebatan tersebut.

Gunakan data
Orangorang tidak akan percaya begitu saja dengan perkataan Anda apabila tidak didukung oleh bukti fisik yang nyata. Orangorang akan mempercayai para ilmuwan karena mereka berpendapat berdasarkan fakta dan didukung oleh grafik, angka dan dokumentasi yang nyata. Oleh sebab itu, elemenelemen sains seperti grafik dan angka sangat berpengaruh dalam memberikan kekuatan persuasif.