Studi Ungkapkan, Berbagi Adalah Kunci Kebahagiaan

Apakah Anda merasa kehidupan yang dijalani saat ini standar, cenderung biasabiasa saja dan bahkan tidak merasa bahagia? Mungkin Anda perlu mencoba trik sederhana berikut ini. Dilansir dari Independent, Jumat (21/7/2017), para peneliti baru saja mengungkapkan bahwa solusi sederhana untuk mendapatkan sebuah kebahagiaan dalam hidup adalah dengan menjadi orang yang murah hati.

Harta dan tenaga yang Anda miliki bisa menjadi sumber kebahagiaan bagi diri Anda. Ketika merasa sedikit down, “percikan” uang yang dimiliki untuk orang lain akan membantu Anda merasa lebih bahagia dalam jangka panjang. Hal ini dibuktikan dengan hasil riset yang dilakukan di University of Zurich yang membagi partisipan mereka menjadi dua kelompok yakni eksperimental dan kelompok kontrol.

Masingmasing kelompok akan diberi uang setiap minggu. Kelompok eksperimental akan diminta untuk mengeluarkan uang mereka untuk berbagi dengan orang lain seperti membeli hadiah dan mengajak makan malam sedangkan kelompok kontrol ditugaskan agar membelanjakan uang tersebut untuk kebutuhan dan kepentingan pribadi mereka sendiri.

Berdasarkan riset tersebut ditemukan bahwa neuron di sekitar otak yang berkaitan dengan sifat kemurahan hati, temporerparietal junction (TPJ) akan mengaktifkan neuron di ventral striatum yang berhubungan dengan rasa bahagia. Hal ini terjadi pada kelompok eksperimen yang sudah berperilaku murah hati kepada orang lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketika orangorang berperilaku baik dan mau berbagi dengan orang lain, area otak akan ikut merasakan kebahagiaan. *