The Blue Pond, Danau Berwarna Biru Terang yang Epik di Jepang

The Blue Pond atau yang disebut Shirogane Blue Pond merupakan danau dengan air yang berwarna biru akibat endapan mineral di dalamnya.

Semula berawal dari upaya pemerintah lokal Kota Biei, Asahikawa membendung limpahan bahan erupsi Gunung Tokachidake pada 1988. Sebuah dam dibangun agar limpahan lahar dan lava yang membawa endapan mineral tidak memasuki kota.

Namun rupanya tak disangka. Endapan erupsi yang berhenti di dam bereaksi. Air panas yang mengalir dari Gunung Tokachidake mengalir turun di sebuah tebing menggesek mineral aluminium hidroksida di dinding air terjun (Shirahige). Air terjatuh bercampur dengan air Sungai Biei.

Dalam perjalanan menuju dam, air bersenyawa dengan bahan mineral lain seperti sulfur, lalu mengendaplah di danau dan menimbulkan warna biru terang.

Di musim panas dengan terik matahari yang memancar ke airnya, danau ini makin tampak eksotis. Warna birunya tergantung pancaran ini. Bisa jadi biru pastel, kadang biru laut. Ditambah batangbatang pohon pinus yang sudah mati membuat panorama danau tampak menawan.

Ketenaran danau biru mulai beranjak ketika seorang fotografer dari Kota Kamifurano, tetangga Kota Biei berhasil menayangkan bidikan kameranya di media lokal. Jadilah tempat ini sebuah situs wisata baru. Dan menjadi daya tarik global semenjak Apple memasukkan gambar dari aquamarine pond di OS X Mountain Lion.