Lebih Cerdas, Siri Bisa Jadi DJ di iOS 11

iOS 11 akan meluncur dalam beberapa bulan lagi. Salah satu pembaruan yang paling jadi sorotan adalah versi baru Siri.

Siri dipastikan akan lebih proaktif dan cerdas dalam merespons instruksi, khususnya dalam kategori musik. Ya, Apple membocorkan asisten virtualnya ini akan menjadi DJ di iOS 11.

Jadi, menurut yang dilansir Business Insider pada Jumat (21/7/2017), Apple akan memoles cara kerja Siri dengan sejumlah tool kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) terbaru untuk bisa memutar musik yang diminta pengguna. Tak cuma itu, Siri juga akan hadir dengan suara baru dan kemampuan menerjemahkan bahasa asing.

Siri di iOS 11 akan dapat memutar musik favoritmu, dan bisa memutar playlist yang kamu inginkan. Menariknya, kamu bisa memintanya memutar musik sesuai mood, aktivitas, dan juga genre, tulis Apple dalam pernyataan resminya.

Jika pengguna meminta Siri dengan ucapan Hey Siri, coba putar musik yang chill, maka Siri akan memutarkan musik dengan genre chill yang membuat nyaman pendengarnya. Pengguna pun bisa menanyakan Siri seputar kapan album musik tersebut dirilis.

Sebagai informasi, benang merah dari pembaruan Siri kali ini adalah kemampuannya yang bisa mempelajari kebiasaan pengguna. Dilansir Ubergizmo via 9to5Mac, Siri bahkan akan mengerti apa yang diminta pengguna seharihari secara kontekstual, entah itu pemesanan transportasi online, menjadwalkan pertemuan, mengirim pesan via aplikasi chatting dan masih banyak lagi.

Siri juga akan terintegrasi dengan aplikasi iMessage dan menawarkan syncing iCloud secara otomatis. 
Selain untuk iOS 11, Apple juga mengoptimalkan performa Siri untuk sistem operasi TV pintar dan smartwatch Apple, tvOS dan watchOS. Untuk itu, Siri akan memiliki konteks perintah suara yang lebih luas.