Sundar Pichai Resmi Gabung ke Jajaran Eksekutif Alphabet

View CEO Google Sundar Pichai secara resmi bergabung dengan induk perusahaan Google, Alphabet. Informasi ini disampaikan langsung dari pihak Google pada Senin (24/7/2017).

Dalam keterangan yang disampaikan CEO Alphabet Larry Page, pertimbangan Pichai bergabung ke Alphabet tak lain karena kinerjanya yang dinilai melampaui ekspektasi. Terlebih, Sundar dijuluki sebagai salah satu CEO dengan seribu inovasi.

“Pichai begitu sempurna sebagai CEO Google. Ia punya pertumbuhan yang kuat, kemampuannya bermitra dengan rekan juga tak perlu diragukan. Inovasinya tiada henti. Saya benarbenar menikmati kerja sama dengannya dan menyambut Sundar untuk bergabung ke jajaran eksekutif Alphabet,” kata Page sebagaimana dikutip Tech Crunch.

Untuk informasi, Sundar menggawangi Google sejak Agustus 2015. Kala itu, Sundar ditunjuk sebagai CEO saat Google “dipecah” ke beberapa perusahaan dan induk usahanya menjadi Alphabet. Pichai dikenal sebagai salah satu Googlers (sebutan karyawan Google, red.) yang berprestasi.

Kiprahnya tak lepas dari inovasi beberapa produk, meliputi Search, Clouds, dan Maps. Pichai juga diketahui turut andil dalam mengembangkan Android dan YouTube.

Pria yang lahir di Chennai, India, 45 tahun lalu ini bergabung dengan Google pada 2004. Waktu itu, Pichai berperan menggeluti bisnis produk konsumen, engineering, dan riset Google.

Dengan bergabungnya Pichai ke jajaran eksekutif Alphabet, kini total jajaran eksekutifnya menjadi tujuh. Adapun selain Pichai dan Page, anggota jajaran eksekutif lainnya seperti cofounder Google Sergey Brin, Eric Schmidt, John Doerr, dan Diane Greene.