Apple Akan Bangun Tiga Pabrik Besar di AS

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, dalam sebuah wawancara mengatakan Apple akan membangun tiga pabrik di dalam negeri. Rencana pembangunan pabrik itu, menurutnya, disampaikan langsung oleh CEO Apple, Tim Cook, kepada Trump.

Jika Apple pada akhirnya membangun pabrik di AS, maka salah satu ambisi Trump akan terwujud. Trump pernah mengatakan kepada Time Magazine tentang keinginannya agar Apple membangun pabrik terbaik di AS, bahkan jika perlu hanya sedikit lebih besar daripada beberapa pabrik yang ada di Tiongkok.

“Saya berbicara dengan Cook dan dia menjanjikan saya akan ada tiga pabrik besar. Saya katakan padanya, Cook, pemerintahan saya tidak bisa dikatakan sukses secara ekonomi kalau Anda tidak membangun pabrik di negara ini. Lalu dia menelepon saya dan bilang akan melakukannya,” ungkap Trump seperti dikutip Phone Arena, Jumat (28/7/2017).

Trump tidak memberikan informasi yang rinci tentang ketiga pabrik tersebut, termasuk lokasi pembangunan dan apa yang akan diproduksi. Pihak Apple belum memberikan pernyataan resmi tentang rencana pembangunan pabrik di Negeri Paman Sam.

Apple saat ini bergantung pada beberapa manufaktur kontrak di AS untuk sejumlah model Mac, tapi produkproduk seperti iPhone dan iPad dibuat di Tiongkok oleh manufaktur seperti Foxconn dan Pegatron.

Foxconn sendiri akan membangun sebuah pabrik di Wisconsin, tapi diperkirakan untuk memproduksi panel layar televisi dan tidak berhubungan dengan produksi Apple.