Telinga Manusia pada Tikus dan 5 Eksperimen Nyeleneh dari Hewan

Secara alamiah, percobaanpercobaan ilmiah mengharuskan ilmuuan menjajal batasbatas pengetahuan yang sudah ada agar dapat memperbaiki dunia.

Seperti yang telah dipelajari dalam sejarah, orangorang yang melakukan eksperimen seringkali melangkah ke luar batas yang mampu diterima orang banyak.

Beberapa penelitian ilmiah memang hebat. Misalnya eksperimen oleh Richard Lewisohn yang memperbaiki ilmu di belakang proses transfusi darah sehingga menolong lebih dari 1 miliar manusia.

Tapi beberapa temuan ilmiah paling berhasil pun dapat mengundang kontroversi, misalnya yang dilakukan oleh Edward Jenner, bapak vaksinasi. Ia menularkan seorang anak lelaki yang sehat agar bisa membuktikan teorinya.

Pada 1951, Dr. Albert Kligman melakukan penelitian kondisi kulit pengobatannya dengan memanfaatkan para narapidana Philadelphia selama 20 tahun lamanya. Para napi itu dipaparkan kepada berbagai jenis zat kimia berbahaya.

Dalam Perang Dunia II, Dr. Josef Mengele, ilmuwan Nazi, dikenal sangat gemar melakukan eksperimen pada pasangan kembar di kamp Auschwitz, bahkan dengan membunuh salah satu orang kembar itu untuk melihat dampak pada pasangan si kembar yang tetap hidup.

Selain pada manusia, seperti diringkas dari therichest.com pada Jumat (28/7/2017), sejumlah eksperimen nyeleneh juga dilakukan pada hewanhewan.