Rahasia Honda Ciptakan Mekanik Motor Andal

Untuk menyiapkan teknisi handal, PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar kompetisi teknik sepeda motor bagi siswa SMK, dan garda layanan purna jual, yaitu teknisi dan service advisor, Astra Honda Tehnical Skill Contest (AHTSC) 2017.

Gelaran yang sudah memasuki tahun ke8 ini menyasar generasi muda, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sekaligus untuk menyiapkan tenaga kerja yang terampil, inovatif, dan siap terjun di dunia kerja yang semakin kompetitif. Tahun ini, AHTSC diikuti oleh 23.272 orang peserta dari 652 SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda.

Proses seleksi untuk kompetisi ini cukup ketat, melalui berbagai tahapan, lalu terpilih 36 siswa SMK terbaik di Indonesia. Final kompetisi ini dilaksanakan 1 dan 2 Agustus 2017, di Astra Honda Training Center (AHTC), Jakarta.

“Kami ingin kompetisi ini dapat memberi kesempatan kepada siswa SMK untuk meraih mimpi serta citacita mereka di bidang teknik sepeda motor,” ujar General Manager Technical Service Division AHM, Wedijanto Widarso, di Sunter, Jakarta Utara, Selasa (2/8/2017).

Pelaksanaan uji kompetensi para siswa SMK dilakukan secara tertulis maupun praktek. Pada sesi ujian tertulis, para peserta diuji pengetahuan terkait teknologi sepeda motor Honda.

Sedangkan di sesi ujian praktek, para peserta dinilai keterampilannya terkait mesin, rangka, dan kelistrikan sepeda motor Honda. Selain itu, para siswa SMK juga ditantang kemahirannya dalam menggunakan Honda special tools dan perawatan sepeda motor yang meliputi pemeriksaan, pengukuran, serta penggantian parts.

Tiga siswa SMK terbaik di kompetisi ini akan mendapat apresiasi dari AHM, yaitu beasiswa penuh untuk menempuh pendidikan di Politeknik Manufaktur Astra, dan uang tunai sebesar Rp 8 juta untuk juara I, Rp 5 juta untuk juara II, dan Rp 3 juta untuk Juara III.

Selain itu, AHM juga memberikan apresiasi uang tunai sebesar Rp 1 juta untuk seluruh siswa SMK yang berhasil lolos seleksi AHTSC 2017 hingga tingkat nasional. Seluruh finalis siswa SMK ini juga berkesempatan mengikuti ujian saringan masuk Politeknik Manufaktur Astra secara gratis.