Beda dari Jakarta, Inilah Potret Jalan Tol Anti-Macet Korea Utara

Jakarta sangat dikenal dengan kemacetan di tol yang tiada berakhir. Namun hal ini tampak berbeda di Korea Utara. Tak perlu dihantui kemacetan, akses jalan tol di Korea Utara ini sangat luas dan dapat didarati oleh pesawat. Seperti yang dirilis dari boredpanda.com, Jumat (4/8/2017).

Meski dikenal sebagai negara yang tertutup, ternyata Korea Utara menyediakan akses jalan tol yang dapat dinikmati oleh warganya. Namun, karena sedikitnya jumlah mobil yang dimiliki oleh masyarakat, tidak ada satu pun kendaraan yang lewat di jalan tol ini. Bahkan jalan tol yang memiliki luas seperti landasan pesawat ini, biasa diisi oleh masyarakat lokal yang beraktivitas.

Karena pengamanan ketat di Korea Utara, tetap saja semua turis harus mengikuti peraturan yang ketat. Mulai dari ruang tunggu hingga toilet, disediakan di tempat beristirahat di jalan tol ini. Tidak lupa pula berbagai propaganda pemerintah, tetap menjadi penghias utama dari jalan tol ini.

Potret jalan tol yang diambil oleh Eric Lafforque ini memperlihatkan kehidupan lokal yang tidak tersentuh oleh pembangunan. Bahkan bisa dibilang, waktu terhenti di kisaran tahun 1950 ketika keadaan perang berkecamuk. Tetap saja pemandangan asli Korea Utara tidak boleh diperlihatkan secara langsung oleh pemandu wisata.

Lalu apakah aturan jalan tol di Korea Utara ini sama dengan yang ada di Indonesia? Secara umum, aturannya sama, seperti tidak boleh menyeberang, tidak boleh berhenti di tengah jalan, hingga tidak boleh pipis di tengah jalan. Tetap saja, jalan tol kosong ini tetap menjadi tempat bermain favorit anakanak.