Pengakuan Jokowi Kagumi Lukisan Seniman Ternama Bali

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memyambangi museum lukisan klasik dan kontemporer I Nyoman Gunarsa di Bali. Pelukis yang sudah mendunia ini menunjukkan beberapa karya terbaik ke Jokowi.

“Saya memang senang lukisanlukisan. Saya harus menyampaikan apa adanya, saya pengagum produkproduk lukisan dari Bapak I Nyoman Gunarsa,” kata Jokowi di Bali, Jumat (4/8/2017).

Jokowi sempat bercerita tentang pertemuannya dengan Gunarsa di Istana Merdeka, Jakarta 3 April 2017. Nyoman langsung memperlihatkan lukisan berjudul Jokowi Minum Jamu.

“Yang saya heran, kok Pak Nyoman tahu saya senang minum jamu,” tutur Jokowi.

Saat pertemun itu, Gunarsa meminta Presiden Jokowi meluangkan waktu mampir ke museum miliknya di Bali. Permintaan itu kemudian diwujudkan Jokowi hari ini.

“Saya sudah perintahkan kepada Dirjen (Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Pulang nanti saya juga perintahkan lagi kepada menteri (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) agar museum ini dijaga, dirawat, dan diperbaiki bersamasama antara pemerintah dan keluarga besar Bapak I Nyoman Gunarsa,” jelas dia.

Jokowi menilai, karya seni lukis yang ditunjukkan oleh I Nyoman Gunarsa saat berkeliling museum, tidaklah ternilai dari segi apa pun. Karena itu, sebagai seorang pencinta seni, Presiden Jokowi berharap agar keindahan karya seni yang ada dapat seterusnya dinikmati oleh banyak orang.

“Ini sebuah kekayaan yang tidak bisa dinilai dengan apa pun, dinilai dengan uang tidak. Miliar pasti lebih, triliun mungkin juga lebih. Karena memang tidak bisa dinilai dengan nilai uang,” ucap dia.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menandatangani prasasti sebagai tanda meresmikan Museum Seni Lukis Kontemporer Indonesia Nyoman Gunarsa Museum.