Kemeriahan Merah Putih Sambut Jemaah Indonesia Saat Tiba di Mekah

Sebanyak 450 orang jemaah calon haji dari kloter 2 Surabaya telah tiba dan menempati hotel 309 di wilayah Mahbas Jin atau sektor 3 Mekah, Arab Saudi. Kedatangan mereka dari Madinah ini, disambut pernak pernik yang didominasi warna merah dan putih oleh pihak hotel.

Terlihat bendera Indonesia berkibar di depan hotel, juga balon berwarna merah putih di pintu masuk hotel.

Dalam waktu bersamaan, gelombang kedua juga telah datang jemaah calon haji yang menempati sektor 4 di wilayah Mahbas Jin. Mereka menempati Hotel Aziziah Syimliah dan mendiami pemondokan 406 dengan jumlah 383 orang jemaah.

Total hari ini, tetap diberangkatkan sebanyak 13 kloter dari Madinah, kata Kasie Transportasi Daerah Kerja Mekah, Asep Subhan, di Mekah, Minggu (6/8/2017).

Sementara, jemaah lainnya menempati hotel 407 dan 408 di sektor 4 wilayah Aziziah Janubiah berjumlah 1.000 orang. Rombongan ini dari kloter 2 Surabaya.

Rombongan lainnya dari kloter 2 embarkasi Jakarta. Jemaah yang akan datang akan menempati hotel yang berada di sektor 5 daerah Raudhah 511.

Rombongan terakhir jemaah tiba pada pukul 22.00 waktu Arab Saudi (WAS). Asep Subhan menyampaikan, dua kloter masingmasing yang berasal dari embarkasi Solo (SOC) 3 dan embarkasi Medan (MES) 2 yang didorong dari Madinah pada Minggu pukul 18.00 WAS diperkirakan Senin dini hari, 7 Agustus 2017.

Sebelumnya, pada dini hari tadi, sebanyak 393 orang jemaah calon haji dari Madinah sudah tiba dan menempati hotel di sektor 6. Mereka adalah jemaah kloter 1 Medan. Dua jemaah tertunda berangkat akibat sakit, yaitu Sofyan Mahalli dan Yuliani Muhit.