KPK Dalami Peran Markus Nari Pengaruhi Sugiharto soal Kasus E-KTP

Penyidik KPK memeriksa terdakwa perkara korupsi eKTP Sugiharto sebagai saksi untuk Markus Nari (MN) dalam tindak pidana merintangi proses penyidikan dan persidangan eKTP.

Terhadap Sugiharto, penyidik KPK mendalami upaya yang dilakukan Markus Nari untuk memengaruhi keterangan mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri tersebut.

“Penyidik mendalami upaya apa saja yang dilakukan tersangka MN yang mencoba mempengaruhi Sugiharto terkait dengan keterangan, peran dan indikasi aliran dana pada sejumlah pihak,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (7/8/2017).

Dalam kasus ini, KPK telah meminta keterangan dari banyak pihak yang diduga mengetahui kasus tersebut. Merka adalah pengacara Elza Syarief, Demberger Panjaitan yang merupakan pengacara Miryam S Haryani, hingga mantan Sekjen Kemendagri Diah Anggraini.

Politikus Golkar Markus Nari diduga menekan mantan Anggota Komisi II DPR Miryam‎ S Haryani, agar memberikan keterangan tidak benar pada persidangan dan mencabut berita acara pemeriksaan (BAP).

Selain itu, Markus juga diduga memengaruhi terdakwa Irman dan Sugiharto pada persidangan perkara korupsi eKTP. Markus pun ditetapkan sebagai tersangka menghalangi proses penyidikan dan persidangan eKTP.

Selain ditetapkan sebagai tersangka menghalangi proses hukum perkara korupsi eKTP, Markus juga ditetapkan sebagai tersangka korupsi proyek yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun.