Menlu Korsel-Korut Bertemu di ASEAN, Bahas Apa?

Peristiwa langka terjadi di selasela pertemuan tingkat menteri ASEAN di Manila Filipina. Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyungwha memastikan telah bertemu dengan koleganya dari Korea Utara.

Kyungwha dan Menlu Korut Ri Yongho tengah berada di Manila untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri ASEAN.

Kendati demikian, sejauh ini belum diketahui secara detail apa saja yang akan dibahas kedua menlu tersebut. Namun, pertemuan ini merupakan yang pertama sejak Korut melakukan uji coba misil antarbenuanya beberapa waktu lalu.

Dalam laporan beberapa media Korsel, pertemuan disebutkan berlangsung saat gala dinner pada Minggu, 6 Agustus 2017. Kala itu, terlihat Yong Ho dan Kyungwha berjabat tangan lalu segera melakukan pembicaraan singkat.

Seorang pejabat Kemlu Korsel mengatakan, Menlu Korut menolak pembaruan perundingan kedua negara. Penolakan tersebut disebut sebagai respons atas tindakan tidak jujur Korut.

Penolakan ini sebelumnya telah diramalkan China. Namun, mereka percaya Pyongyang tak akan melakukan penolakan secara menyeluruh.

“Perasaan saya, Korut tak akan sepenuhnya menolak proposal positif yang diajukan Korsel,” ucap Menlu China Wang Yi.

Dia menambahkan, meski China merupakan sekutu terdekat Korut, tetapi inisiatif perdamaian yang disampaikan Korsel didukung penuh negaranya.