Rossi Siap Gunakan Piranti Baru di MotoGP Austria

Valentino Rossi akan menggunakan “senjata” baru di MotoGP Austria, akhir pekan ini. Pembalap Movistar Yamaha itu akan menggunakan garpu berserat karbon pada motornya. Menurut Rossi, penggunaan garpu berserat karbon itu akan membuat motornya lebih mudah dikontrol.

Rossi mencoba garpu karbon pada tes di Sirkuit Brno, Senin (7/8/2017). Hasilnya memuaskan, The Doctor menjadi yang tercepat dengan mengalahkan Marc Marquez.

“Saya senang dan menyukai garpu baru. Ini sangat membantu saat mengubah arah motor. Ini juga membuat motor lebih ringan dan mudah dikendarai. Saya pikir akan menggunakannya di Austria,” ujar Rossi seperti dikutip Speedweek, Selasa (8/8/2017).

Rossi mengatakan garpu karbon ini sudah dipakai Ducati. Sementara Marquez menggunakannya pada hari Sabtu (5/8/2017) saat balapan MotoGP Ceko.

“Marquez dan Maverick Vinales mengatakan mesin menjadi tak stabil karena kehilangan berat. Saya justru suka karena mengurangi daya tekan. Itu bagus untuk usia saya,” kata Rossi sembari berseloroh.

Pada tes di Brno, pembalap Italia berusia 38 tahun itu juga mencoba fairing baru. Meski cukup puas dengan kinerja fairing baru itu, The Doctor mengaku tak akan menggunakannya di Sirkuit Red Bull Ring.

“Menurut saya, kecepatan tertinggi sangat penting di MotoGP Austria. Dengan fairing ini, kami kehilangan sedikit kecepatan. Namun, dengan fairing ini motor lebih mudah dikendarai, wheelie berkurang, seperti efek yang ditimbulkan winglet pada musim lalu,” urai Rossi seperti dilansir Crash, setelah tes.