Hindari 5 Makanan Pemicu Penuaan Dini

Tampil awet muda merupakan hal yang diinginkan banyak orang. Untuk mencegah penuaan dini, kebanyakan orang akan melakukan perawatan kulit, wajah dan rambut.

Namun ternyata, untuk dapat nampak lebih muda tidak hanya tergantung pada perawatan dari luar. Mengutip laman Boldsky, Jumat (11/8/2017), apa yang kita makan seharihari juga berpengaruh pada penampilan kita.

Ada beberapa makanan sehat yang membuat kita nampak lebih muda. Selain itu, ada pula makanan dan minuman yang dapat membuat kita tampak lebih tua. Berikut ini, lima makanan yang harus dihindari agar tidak cepat tua.

1. Minuman penambah energi

Minuman penambah tenaga mengandung pemanis dan pengawet. Selain tidak aman bagi ginjal, minuman penambah energi ternyata juga membuat Anda menua dua kali lebih cepat.

Selain mengandung gula, asam yang terkandung dalam minuman penambah energi bisa merusak gigi. Kandungan sodium dalam minuman energi juga memicu dehidrasi. Ini merupakan faktor utama penyebab penuaan kulit.

2. Makanan dengan indeks glikemik tinggi

Menurut laman Boldsky, makanan seperti pasta dan sereal terbukti mempercepat proses penuaan kulit. Hal ini juga bisa menimbulkan masalah pada kulit, seperti menyebabkan jerawat dan rosacea.

3. Alkohol

Minuman alkohol terutama secara berlebihan dapat menyebabkan pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Hal ini dapat mempercepat penuaan.

4. Makanan olahan

Makanan yang melalui banyak proses dapat berdampak negatif pada kesehatan kita. Makanan ini tidak mengandung vitamin, mineral dan antioksidan. Hal ini tentunya mempercepat proses penuaan.

Makanan olahan merupakan salah satu makanan terburuk yang bisa mempercepat penuaan.

5. Kopi

Secangkir kopi di pagi hari ternyata bisa mempercepat proses penuaan. Lebih baik mengganti kopi dengan air putih atau minuman lemon.