Hasil Piala Eropa 2016: Islandia vs Hungaria 1-1, Digagalkan Gol Bunuh Diri

Kemenangan di depan mata tim kejutan Islandia pada Minggu, 19 Juni 2016, digagalkan oleh gol bunuh diri. Penalti Gylfi Sigurdsson di paruh pertama membuka skor Iceland vs Hungaria. Namun The Magyars berhasil mengamankan satu poin ketika bek Birkir Saevarsson memasukkan bola ke gawang sendiri dua menit jelang bubaran.
Pertarungan di Stade Vlodrome (Marseille) menunjukkan jika pasukan Lars Lagerback bukan sekadar kebetulan kala menahan tim kuat Portugal 1-1. Islandia menuai angka kedua mereka dalam debut ajaib di Euro pertama bagi mereka. Tentu saja tim dari negeri liliput tersebut kembali tampil bertahan, membiarkan Hungaria memiliki 67 persen penguasaan bola dan 11 tembakan.

Namun berbeda dari duel kontra Portugal, kali ini Islandia cukup mampu mengimbangi lawannya. Mereka sudah mengancam via tandukan Jon Dadi Bodvarsson. Sementara Balazs Dzsudzsak menjadi sosok paling menakutkan dari Hungaria via pergerakan dan drivenya. Laga berjalan setengah jam, Johann Gudmundsson melepaskan tembakan yang tepat mengarah ke kiper eksentrik Gabor Kiraly. Tapi seperti sudah ditakdirkan, Islandia yang lebih dahulu unggul.

Menit 40, Aron Gunnarson yang mendapatkan bola di kotak penalti, diganjal oleh Tamas Kadar. Wasit Sergey Karasev menunjuk titik putih. Gelandang Gylfi Sigurddson tidak menyiakan kesempatan ini untuk menjebol keperawanan Hungaria. Gol tadi membuat Islandia unggul 1-0 bukan cuma hingga turun minum, tetapi hingga menit 88.
Hungaria yang di laga sebelumnya membungkam Austria, mengerahkan semua upaya untuk menyamakan kedudukan. Setelah lolos dari maut karena Kolbeinn Sigthorsson terlebih dahulu offside, The Magyars makin menajam saja. Pemain pengganti Nemanja Nikolic bebas di sisi kanan, lantas umpan silangnya justru dibelokkan oleh Birkir Saevarsson ke gawang sendiri.

Skor akhir 1-1. Hungaria dan Islandia sama-sama belum terkalahkan hingga laga kedua. The Magyars kini bakal menentukan hak mereka di laga kontra Portugal. Sementara si tim ajaib Islandia menanti duel maut kontra Austria.
Islandia (4-4-2): Halldorsson; Saevarsson, R. Sigurdsson, Arnason, Skulason; Gudmundsson, G. Sigurdsson, A. Gunnarsson (Hallfredsson 65), B. Bjarnason; Sigthorsson (Gudjohnsen 83), Bodvarsson (Finnbogason 68)
Hungaria (4-3-3): Kiraly; Lang, Guzmics, Juhasz (Szalai 84), Kadar; Kleinheisler, Gera, A. Nagy; Stieber (Nikolic 65), Priskin (Bode 65), Dzsudzsak
Gol: Gylfi Sigurdsson 40/ Birkir Saevarsson (b.d.) 88

sports-liputan6.com Liputan6.com Situs Berita Hari Ini Indonesia Menyajikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Seputar Berita Politik, Bisnis, Olahraga Hingga Gosip Artis Sumber: Sidomi