Timnas Voli Putra Indonesia Yakin Raih Emas SEA Games 2017

Pelatih Timnas Voli Putra Indonesia, Samsul Jais, optimistis anak asuhnya meraih medali emas SEA Games 2017. Samsul ingin membangkitkan kajayaan voli Indonesia di pentas Asia Tenggara.

Timnas Voli Putra Indonesia masih menjadi raja di ajang SEA Games. Sejak 1977, Indonesia sudah meraih sembilan medali emas, enam perak, dan dua perunggu.

Namun, pundipundi medali emas Timnas Voli Putra Indonesia terhenti sejak SEA Games 2009. Mereka dikalahkan Thailand yang meraup medali emas di tiga event terakhir SEA Games.

Karena hal itu, Persatuan Bola Voli Indonesia menargetkan Timnas Voli Putra Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2017. Dalam tiga event SEA Games terakhir, Indonesia meraih dua medali perak dan satu perunggu.

“Ini wajar, karena sudah lama tidak mendapat emas. Kami sangat termotivasi (meraih medali emas). Seperti di Kejuaraan Asia lalu, kami awalnya diragukan melawan Iran, tapi kami nyatanya bisa (menang 32),” kata Samsul di Padepokan Voli Sentul, Bogor, Selasa (15/8/2017).

Samsul optimistis meraih medali emas SEA Games 2017 karena Timnas Voli Putra Indonesia berada di posisi empat pada Kejuaraan Voli Asia di Gresik, bulan lalu.

“Selepas Kejuaraan Asia, ini merupakan awal kebangkitan kami di SEA Games 2017. Kami juga sudah melakukan evaluasi. Kami juga melakukan simulasi pertandingan untuk mengetahui permainan lawanlawan di SEA Games,” ujarnya.