Toyota Bakal Pamer Mobil Tanpa Sopir di Olimpiade 2020

Tokyo General Manager Intelligent Vehicle Development Toyota, Ken Koibuchi, mengonfirmasi jika raksasa otomotif asal Jepang tersebut bakal pamer mobil otonomos atau tanpa sopir di pesta olahraga dunia, Olimpiade, Tokyo 2020.

Berbicara kepada Automotive News, disitat Carscoops, Selasa (15/8/2017), Toyota bakal memiliki rencana besar untuk Olimpiade yang akan diadakan di Negeri Matahari Terbit. “Kami ingin menunjukkan teknologi kendaraan paling tinggi di Olimpiade,” ujar Ken.

Namun, pihak Toyota masih belum menjelaskan secara spesifik mobil nirsopir tersebut. Namun, dengan diadakannya Olimpiade di Tokyo, bakal mempercepat pemetaan jalan secara digitalisasi oleh pemerintah Jepang.

Meskipun hingga saat ini, pemetaan digital di jalanan Jepang masih sangat minim, dan masih menjadi masalah untuk teknologi mobil tanpa sopir ini saat dilakukan demonstrasi jalan.

Saat perkenalan nanti, Toyota memang berkonsentrasi di beberapa lokasi yang menjadi fokus perhatian, yaitu Odaiba.

Pasalnya, lokasi ini banyak digunakan sebagai tempat penyelenggaraan beberapa cabang olahraga, dan memiliki jalan yang cukup lebar dan lurus, serta arus lalu lintas yang tidak begitu padat, seperti ruas jalan lain di Tokyo.

Sementara itu, pihak Toyota sepertinya masih menggunakan sensor lidar untuk mobil otomatis. Dengan biaya yang sudah tidak terlalu tinggi, diharapkan teknologi ini dapat dilihat di kendaraan Toyota atau Lexus dalam waktu ke depan.