Dorong Coding Sejak Dini, Microsoft Tawarkan Pelatihan Gratis

Coding adalah bahasa pemrograman komputer yang digunakan di situs internet dan aplikasi ponsel. Namun, seringkali coding dianggap sebagai sesuatu yang rumit karena mengharuskan pengembangnya untuk teliti dan terstruktur.

Namun, Microsoft percaya bahwa coding adalah bahasa universal dan bisa memecahkan masalah. Bahkan, coding bisa dipelajari sejak dini saat anak berusia empat tahun. Microsoft sudah memberi pelatihan coding gratis di salah satu tokonya di New York, AS.

Tidak hanya itu, Microsoft bekerja sama dengan Code.org untuk memberi layanan pelatihan coding gratis secara online. Mereka juga turun ke lapangan untuk mengajar para wirausaha di Nigeria.

Meskipun fasilitas di Nigeria belum semaju Amerika, warga di sana paham masalah yang dihadapi dan memiliki ide untuk menghadapinya. Hal yang mereka butuhkan adalah fasilitas dan sarana.

Salah satu bentuk solusi yang dibuat adalah Onetrack, perusahaan rintisan yang memungkinkan pelacakan menggunakan ponsel untuk mencegah penculikan anak. Saking semangatnya belajar coding, warga Nigeria tetap fokus belajar meskipun mati lampu.

Hal ini menjadi masukan bagi para pengembang produk. Pengembang menjadi tertantang untuk menciptakan produk yang bisa berjalan tanpa sambungan internet.

Dengan berbagai pelatihan yang tersedia, diharapkan semakin banyak orang tertarik mempelajari coding dan seni berpikir kritis di era teknologi.