Potongan Tubuh Ditemukan Pasca-Tabrakan Kapal Perang AS Vs Tanker

Pencarian 10 pelaut Amerika Serikat (AS) yang hilang pascatabrakan antara kapal perang USS John S. McCain dengan tanker di Singapura pada 21 Agustus lalu terus berlanjut. Tim SAR gabungan menemukan sejumlah potongan tubuh.

Potongan tubuh itu ditemukan setelah sejumlah penyelam diterjunkan ke bawah kapal perang. Kini, kapal itu tengah diderek ke pangkalan Angkatan Laut AS di Changi, Singapura.

“Para penyelam berhasil menemukan potongan tubuh dalam kompartemen yang tertutup saat mereka melakukan pencarian,” kata komandan US Pasific Fleet, Admiral Scott Swift, seperti dikutip dari BBC, Rabu (23/8/2017).

Tim SAR AL itu juga tengah menyelisik apakah temuan itu adalah salah satu pelaut AS yang hilang. Sejumlah kapal dan pesawat dari AS, Indonesia, Malaysia, dan Singapura juga dikerahkan untuk mencari pelaut yang hilang.

Sejauh ini, pihak Angkatan Laut AS belum mengetahui apa penyebab kecelakaan itu. Namun, Laksamana John Richardson selaku Komandan Operasi Angkatan Laut telah meminta seluruh komandan kapal di Pasifik untuk menghentikan operasi selama beberapa hari.

“Langkah ini diambil untuk mempelajari perintah dasar untuk mempraktikkan operasi yang aman dan efektif,” kata Richardson.

Dia juga telah memerintahkan peninjauan yang lebih komprehensif untuk menemukan faktor penyebab dan akar penyebab insiden.

“Harapan saya adalah kita akan belajar, terus memperbaiki diri ke depannya, memvalidasi, dan kemudian melihat isuisu sistemis yang lebih luas yang mungkin kita lakukan,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Dia juga mengatakan di Twitter bahwa dia akan mengesampingkan kemungkinan adanya gangguan luar atau serangan siber yang berada di balik tabrakan tersebut.