Kick-Off Kompetisi Liga 1 Mundur, Ini Alasannya

Iwan Budianto membeber alasan di balik mundurnya kick-off kompetisi Liga 1 musim 2017. Kepala Staf Ketua Umum PSSI ini menyebut pengunduran kick-off ini ditujukan agar kompetisi bisa lebih baik lagi ketimbang sebelumnya.

Menurut IB, sapaan karib Iwan, pada era kepengurusannya, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi ingin agar berjalannya sepakbola di Indonesia bisa lebih baik lagi. Tekad ini, sambung IB, juga berlaku pada berjalannya kompetisi.

“Nah, beliau ingin melakukan banyak penyempurnaan pada kompetisi ini,” ujar IB.

Menurut IB ada sejumlah hal yang perlu disempurnakan. Salah satunya adalah tentang regulasi kompetisi. Pria berusia 43 tahun tersebut mencontohkan, pada regulasi penggunaan pemain U-23, perlu diperjelas lagi.

“Jika tiga dari lima pemain yang didaftarkan dipanggil Timnas, apa dampak bagi klub? Lalu semisal mereka cedera, apa konsekuensinya? Ini kan harus dibuatkan kontraregulasinya,” tutur IB.

Sebelumnya, kompetisi Liga 1 dipastikan bakal tertunda. Semula, kompetisi dijadwalkan bakal dihelat pada 26 Maret 2017, tapi menurut kabar terakhir kompetisi akan dimulai pada 15 April 2017 mendatang.

IB menyebut kepengurusan PSSI saat ini ingin agar subsidi pada klub lebih tinggi dari musim lalu. Untuk itu, mereka sedang giat berkomunikasi dengan sponsor dan televisi pemegang hak siar. “Nah, ini kan perlu waktu juga,” papar CEO Arema FC tersebut.

Sementara itu, kendati jadwal kick-off mundur, IB memastikan PSSI tak akan menggelar turnamen pramusim lagi. Ia memastikan Piala Presiden 2017 merupakan turnamen pramusim terakhir yang dihelat PSSI musim ini.

“Untuk turnamen, kita serahkan masing-masing klub. Mereka pasti punya agenda masing-masing,” tandasnya. (den/asa)



sports-liputan6.com keluaran sgp hari ini Sumber: Bola.net