161 Jemaah Indonesia Dirawat di Klinik Kesehatan Haji Daker Mekah

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komunikasi Haji Terpadu (Siskohat) Daker Makkah, total ada 90 jemaah haji Indonesia yang wafat di Arab Saudi sampai dengan hari ini. Satu jemaah wafat di Jeddah, 58 jemaah wafat di Makkah, dan 31 jemaah wafat di Madinah. Tiga dari jumlah yang wafat adalah jemaah haji khusus.

Sampai dengan hari ini, total ada 459 kloter dengan 183.404 jemaah haji Indonesia yang sudah ada di Makkah Al Mukarramah. Sebanyak 251 kloter (101.942) adalah jemaah pemberangkatan gelombang pertama melalui Madinah. Sedang 205 kloter lainnya adalah jemaah pemberangkatan gelombang kedua melalui Jeddah.

Menurut Kasie Penghubung Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Mekah, Dokter Ramon Andreas, kebanyakan penyebab kematian jemaah adalah cardio vascullar diseases atau gagal jantung.

Karena itu, jemaah tetap diingatkan agar tetap menjaga kesehatan karena puncak wukuf akan berlangsung beberapa hari lagi. Pola makan yang baik dan istirahat yang cukup, akan sangat menentukan kondisi fisik jemaah.

“Jaga kesehatan, puncak haji tinggal beberapa hari lagi. Pastikan pola makan sehat, istirahat yang cukup dan hindari minuman bersoda,” kata Ramon di Mekah, Kamis 24 Agustus 2017.