Bahayakah Jika Sikat Gigi Tercemar Liur Cicak?

Jakarta Barubaru beredar sebuah video yang memperlihatkan sebuah sikat gigi dengan posisi menempel ke dinding. Sikat gigi tersebut dijilati oleh cicak. Selain terlihat menjijikkan, hal tersebut tentunya memunculkan kekhawatiran, adakah bahaya yang ditimbulkan dari liur cicak?

drg Fawzan Nur Ramadhan mengatakan, hingga saat ini belum diketahui apakah liur cicak berbahaya bagi kesehatan. Namun, penting untuk menyimpan sikat gigi dengan baik agar terhindar dari berbagai kontaminasi, seperti kontaminasi reptil atau serangga lainnya.

“Kalau terkontaminasi oleh kotoran atau liur cicak, lebih baik langsung mengganti sikat gigi dengan yang baru untuk mengantisipasi kontaminasi bakteri atau zat lain yang mungkin dibawa oleh cicak tersebut,” ucap drg Fawzan kepada HealthLiputan6 saat dihubungi Kamis (24/8/2017).

Selain itu, drg. Fawzan juga menyarankan untuk menyimpan sikat gigi dengan cara yang benar. “Penyimpanan sikat gigi harus ditutup agar tidak terkontaminasi, tapi tetap harus ada lubang untuk keluar masuk udara agar sikat gigi tidak menjadi sarang bakteri,” lanjutnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pemakaian sikat gigi sebaiknya tidak melebihi dari tiga bulan. “Sikat gigi biasanya diganti sekitar tiga bulan sekali. Tapi hal ini tidak jadi patokan, kalau sikat gigi rusak atau sering jatuh dan terkontaminasi harus segera diganti,” tutupnya.