Google Bangun Kota Buatan di California, Buat Apa?

Raksasa teknologi Google dilaporkan membangun kota buatan khusus di California, Amerika Serikat. Kota yang diberi nama Castle ini letaknya sekitar 160 kilometer dari Sillicon Valley.

Dilansir Ars Technica, Sabtu (26/8/2017), tempat ini adalah bekas pangkalan komando angkatan udara AS, Castle Air Force Base. Castle adalah kota virtual untuk menguji mobil pintar buatan Waymo.

Di Castle, Waymo membangun replika persimpangan jalan, dan jalur dua arah seperti di Meksiko. Bahkan, mereka sudah menyiapkan berbagai perlengkapan seperti kerucut lalu lintas (traffic cone), serta tanaman dan orang palsu untuk merekonstruksi keadaan sebenarnya.

Castle membuat pengembang tidak perlu memusingkan keselamatan dan keamanan masyarakat umum. Dengan adanya Castle, pengembang bisa menguji mobil pintar secara berkala di situasi yang berbeda.

Salah satunya adalah menguji kualitas rem mobil Waymo. Mereka membuat keadaan saat kendaraan lain menyalip mobil pintar. Jika rem terlalu halus, berpotensi menimbulkan kecelakaan. Sebaliknya jika terlalu keras, pengendara bisa terbentur setir atau kaca mobil.

Hal ini perlu dilakukan karena ada beberapa aturan dalam mengembangkan mobil pintar seperti taat hukum dan aman digunakan.

Proyek Waymo selalu mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Jika dibandingkan dengan dua tahun lalu, mobil pintar hanya bisa berjalan sejauh 2.000 kilometer. Sekarang, mobil ini bisa menempuh perjalanan sejauh 5.000 kilometer dan masih dikembangkan.