Pesona Cantik Danau Habema yang Berada di Atas Gunung

Ada juga beberapa aturan yang harus dipatuhi selama perjalanan menuju ke Danau Habema. Hal ini dikarenakan jalur Trans Papua menuju Danau Habema termasuk zona merah pergerakan Organisasi Papua Merdeka (OPM), walaupun batalion TNI berjaga di area Pegunungan Tengah.

Hingga saat ini masih ada pergerakan OPM di jalur Trans Papua, begitulah informasi yang kami peroleh. Aturan yang harus dipatuhi, seperti menghindari membawa atau menampilkan barang atau benda yang bernuansa Merah Putih. Bahkan bendera Merah Putih kecil sebagai aksesori sebaiknya disimpan terlebih dahulu.

Tidak diperbolehkan pula untuk meneriakkan kata, “Merdeka.” Kami tidak menyadari terhadap aturan ini. Saking terbawa suasana meriah kemerdekaan RI, kami sempat berhenti sejenak lalu merekam video sederhana sambil menyanyikan lagu “Hari Merdeka (17 Agustus).”

Kata “Merdeka” pada lirik lagu, kami teriakkan dengan kencang dan semangat. Kami juga mengibarngibarkan bendera Merah Putih berukuran kecil. Mungkin hanya kami rombongan dengan tiga mobil yang melewati daerah tersebut, kami tidak malumalu untuk bernyanyi.

Setelah selesai bernyanyi rupanya salah satu fotografer WVI langsung berkomentar dirinya merinding hingga kedua tangan gemetaran. Bukan karena kagum mendengar lagu yang kami nyanyikan, melainkan katakata Merdeka dalam lirik nyanyian dan aksi kami yang mengibarkan bendera Merah Putih.

Kedua hal tersebut tidak boleh dilakukan karena bisa menimbulkan persepsi yang berbeda dan membahayakan nyawa. Tentunya, ini menyangkut keselamatan hidup.