Cak Imin Ajak Tokoh Agama Bersatu Sikapi Tragedi Rohingya

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengajak para tokoh agama bersatu menyikapi konflik Rohingya di Myanmar. Salah satunya dengan menekan pemerintah Myanmar untuk menghentikan segala bentuk kekerasan.

“Semua ini pertimbangannya hanya satu, kemanusiaan di atas segalanya, kemanusiaan di atas ekonomi, sosial tujuan memuliakan Tuhan dan manusia,” ucap Cak Imin di Jakarta Barat, Minggu (3/9/2017).

Cak Imin menjelaskan hal itu dapat dilakukan dengan mengajak negara di Asia Tenggara dan Asia untuk membentuk pasukan PBB. Ia mengusulkan pasukan tersebut menjadi tim pencari fakta.

“Seminggu terakhir ini mengalami puncaknya, ini harus ditindak total. Seluruh tokohtokoh internasional dan nasional agar PBB buka fact finding,” papar dia.

Hal itu, kata Cak Imin, untuk memastikan tidak terjadi penyiksaan pada warga Rohingya. Ia juga akan mendorong pemerintah melalui Kedutaan Besar Indonesia di Myanmar, agar membujuk Pemerintah Myanmar membuka akses dalam hal bantuan.

“Sebab yang punya akses bagus hanya Indonesia dan Indonesia akan all out membantu dan menopang masyarakat Rohingya,” ujar dia.

Dengan begitu, negara kawasan ASEAN bersama PBB dapat menyalurkan bantuan yang dibutuhkan, seperti halnya medis, obat, makanan dan pakaian.

“Sehingga krisis kemanusiaan yang memilukan segera diakhiri, tidak usah pandang bulu, agama ataupun golongan,” jelas Cak Imin.