Dari Cikarang, Mitsubishi Xpander Menuju Mesir dan Bolivia

Dijelaskan Kyoya Kondo, President Director PT MMKSI, produksi Xpander yang dilakukan di pabrik baru Mitsubishi, di Bekasi, Jawa Barat, juga bakal menjadi basis produksi untuk pasar Indonesia dan luar negeri. Pabrik ini memiliki kapasitas 160 ribu, dengan produksi Xpander sebanyak 80 ribu, dengan rincian 60 ribu untuk lokal dan 20 ribu untuk ekspor.

“Awal tahun akan kita mulai ekspor ke negara ASEAN, dengan negara utama seperti Filipina, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Kemudian, di tahun berikutnya merambah ke negara di luar ASEAN atau Asia, seperti Amerika Latin dan lainlain,” ujar Kondo, saat berbincang dengan wartawan beberapa waktu lalu.

Lanjut Kondo, sebagai model yang diproduksi di Indonesia, dan untuk pasar Indonesia serta negara lain, Mitsubishi Xpander sudah memiliki konten lokal sebesar 65 persen, dan jumlah ini akan terus ditingkatkan.

“Begitu juga dengan kapasitas produksi, saat ini memang masih tiga sampai empat ribu per bulan, namun akan ditingkatkan secara bertahap. Hal ini, seiring dengan mulai meningkatnya kapasitas produksi di pabrik kami,” tambahnya.

Sementara itu, menurut Osamu Masuko, CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC), jika permintaan untuk berbagai model Mitsubishi, bukan tidak mungkin kapasitas produksi sebesar 160 ribu unit, bakal terus ditingkatkan menjadi 240 ribu unit per tahun.