Resep Sampo Alami untuk Atasi Kerusakan Rambut

Rambut merupakan mahkota wanita yang harus selalu dirawat. Itu sebabnya tidak jarang sebagian wanita rela merogoh kocek dalamdalam demi membeli sampo yang dapat memperindah rambut. Namun, paparan bahan kimia pada rambut justru berpotensi merusaknya.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk membeli sampo yang dapat mengatasi segala kerusakan pada rambut. Hanya dengan bahan alami ini Anda dapat membuat sampo sendiri tanpa bahan kimia, seperti dilansir dari You Queen, Minggu (3/9/17).

1. Santan

Santan memiliki nutrisi serta lemak yang membantu mencegah ketombe dan membantu pertumbuhan rambut. Anda tidak harus mengeluarkan biaya untuk mendapatkan sampo ini. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah.

Cara membuatnya

1/3 santan (buatan sendiri jika memungkinkan)
1/2 minyak Kelapa
2 sdm minyak almond atau Minyak pohon teh
10 tetes lavender atau minyak lain, gunakan lebih sedikit jika menggabungkan lebih dari 2 minyak

Campur bahanbahannya di dalam toples dan kocok dengan baik. Simpan ke dalam botol dan kocok sebelum digunakan. Sampo ini bisa bertahan dua sampai empat minggu dalam cuaca dingin tanpa pendinginan. Ini juga dapat dijadikan sebagai sabun pada tubuh.

Saksikan juga video berikut ini:

Lemon dan mentimun

2. Lemon dan mentimun

Daun lemon membuat kulit kepala terasa bersih dan baik karena efek asam sitratnya. Sementara mentimun memiliki efek mendinginkan dan menenangkan. Sebaiknya gunakan kondisioner yang baik untuk ujung rambut setelah keramas dengan bahan ini karena lemon cenderung mengeringkan rambut. Ini adalah sampo yang sangat bagus untuk kulit kepala kering.

Cara membutnya

1 lemon yang telah dikupas
1 mentimun yang telah dikupas

Campur kedua bahan sampai membentuk pasta kental dan cair seperti smoothie. Terapkan seperti sampo pada umumnya.

3. Gula merah dan oatmeal

Gula merah dan oatmeal untuk mengeksfoliasi kulit kepala lembut, melembapkan dan meningkatkan sirkulasi ke folikel rambut.

Cara membuatnya

2 sdt gula merah
2 sdt oatmeal yang ditumbuk halus
2 sdt kondisioner

Campur bahan dalam mangkuk. Cuci rambut Anda untuk menghilangkan produk bahan kimia, lalu ambil sejumlah kecil scrub ke tangan dan pijat kulit kepala dengan bahan tersebut selama beberapa menit, kemudian bilas rambut. Perlu diingat bahwa eksfoliasi kulit kepala hanya direkomendasikan sekali seminggu, lebih dari itu hanya akan membuat kulit kepala menjadi kasar.