3 dari 7 Planet Mirip Bumi Punya Kandungan Air

Seperti diwartakan sebelumnya, astronom NASA menemukan tujuh planet asing (exoplanet) di luar Tata Surya pada Maret 2017. Badan Antariksa Amerika Serikat itu menamai planet dengan julukan Trappist1 b, c, d, e, f, g, dan h.

Menurut penelitian astronom yang dilakukan belum lama ini, tiga dari tujuh exoplanet ini diduga memiliki kandungan air. Bahkan, total kandungan air yang ada di ketiga exoplanet tersebut sama dengan bumi.

“Berdasarkan observasi Hubble, ketiga exoplanet ini memiliki lingkungan paling ideal yang menggambarkan seramah apa itu Trappist1. Bisa jadi dengan kandungan air ini, mereka bisa dihuni dalam jangka waktu panjang hingga miliaran tahun, seperti Bumi,” kata astronom University of Birmingham Dr Amaury Triaud, sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Mirror, Minggu (3/9/2017).

Selain air, Dr Triaud juga mengungkap empat dari tujuh exoplanet tersebut mengandung gas hidrogen yang mendukung kehidupan manusia.

Adapun Zona Goldilocks (zona layak huni) di mana exoplanet tersebut bersejajar merupakan orbit yang suhunya tidak terlalu dingin dan panas. Jadi, gas hidrogen vulkanik yang disemburkan ke lapisan atmosfer exoplanet dapat menghangatkan permukaan.

Sayangnya, ia tidak dapat mengkaji berapa banyak kandungan gas hidrogen pada atmosfer exoplanet, sehingga benarbenar layak huni bagi manusia.

Sebelumnya, astronom mendefinisikan zona layak huni exoplanet adalah zona di mana planet mengandung gas karbondioksida dan air.

Dengan ditemukannya sejumlah gurun es di Trappist1 b, c, d dan h, para ilmuwan yakin bahwa gurun tersebut bisa menghangat akibat gas hidrogen dari tekstur vulkanik yang dimiliki keempatnya.