Takata Bermasalah, Toyota Ganti Vendor Airbag?

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merek Toyota di Tanah Air mengumumkan menggelar program Special Service Campaign terhadap sejumlah mobil yang mengalami masalah khususnya pada bagian kantung udara atau airbag.

Sejumlah mobil Toyota yang mengalami recall karena airbag ini merupakan produksi perusahaan airbag terbesar asal Jepang, yaitu Takata.

Diketahui airbag buata Takata mengalami masalah pada inflator yang berpotensi terlontarnya serpihan logam saat airbag mengembang sehingga menyebabkan cedera serius.

Pertanyaan pun timbul, apakah kasus airbag made in Takata, membuat Toyota ganti vendor atau supplier?

Menanggapi hal tersebut Vice Presiden PT TAM Hendry Tanoto ikut angkat bicara. Menurut dia, perubahan atau pemilihan vendor bukan kebijakan PT TAM yang notabenya merupakan penjual mobil Toyota.

Tapi dari kami di Toyota ada SSC (Special Service Campaign) terhadap beberapa produk kami yang nanti akan kami sampaikan detailnya, ujar Henry saat ditemui wartawan di di Auto2000 Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (5/9/2017).

Dengan program SSC ini, kata Henry, maka hal itu akan mengurangi kejadian yang tidak diharapkan.

Pengumuman recall ini pun bisa dilihat langsung di website www.toyota.astra.co.id. Dalam situs tersebut konsumen dapat melakukan pengecekan tahap awal untuk mobil apapun dan memastikan apakah mobil yang digunakan teridentifikasi recall atau tidak.

Adapun kabar mobilmobil Toyota direcall di pasaran berasal dari berbagai model dengan tahun berbeda, seperti Toyota Corolla lansiran 20012012, Alphard 20102012, Camry 20022004, Nav1 2012, Vios 20062012, dan Yaris 20062012.