Terungkap, Gerhana Matahari Bisa Merusak Lensa Kamera

Gerhana matahari yang terjadi di Amerika Serikat beberapa waktu lalu ternyata bisa merusak fisik lensa kamera. Hal ini dibuktikan oleh sebuah toko sekaligus rental kamera bernama LensRental di Tennessee, Amerika Serikat.

Saat terjadinya gerhana matahari 21 Agustus 2017, rental itu menyewakan cukup banyak lensa dan kamera. Tak lupa, petugas rental mengingatkan ke penyewa untuk menggunakan solar filter saat memotret fenomena langka itu.

Sayang, hanya beberapa penyewa yang mendengarkan pesan itu, lainnya tidak menggunakan solar filter. Akibatnya, beberapa lensa kamera yang disewakan justru rusak karena radiasi gerhana matahari. Demikian seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari Ubergizmo, Rabu (6/9/2017).

Dalam unggahan blognya, LensRental pun mengunggah fotofoto kerusakan terhadap lensa kamera garagara dipakai untuk memotret gerhana matahari.

“Banyak hal terjadi (saat penyewaan kamera), makanya kami memiliki divisi perbaikan kamera,” kata LensRental dalam blognya.

Dari fotofoto yang diunggah, masalah paling umum yang ditemui setelah gerhana adalah sensor kamera yang terkena radiasi panas. Dengan begitu, ada bagian yang tampak meleleh karena radiasi.

Selain itu, petugas juga menerima sebuah kamera dengan kerusakan mirror box garagara matahari.

Namun dari banyak kamera yang disewakan, LensRental menyebut jumlah kamera yang rusak lebih sedikit dibandingkan yang tidak rusak. Mereka menduga, banyak penyewa yang sudah melakukan langkah perlindungan saat memotret fenomena langka itu.