Dokter Keluarkan Batu Kandung Kemih Sebesar Telur Burung Unta

Tim dokter di California terkejut saat memeriksa seorang pria yang mengeluhkan soal sakit di pinggangnya. Pasalnya, mereka menemukan sebuah batu kandung kemih sebesar telur burung unta.

Pria berusia 64 tahun itu pergi ke rumah sakit saat dirinya merasakan nyeri di pinggul sebelah kirinya dan kesulitan untuk buang air kecil. Saat diperiksa, dokter menemukan batu kandung kemih seberat 770 gram dengan panjang 12 sentimeter.

Berdasarkan hasil CT scan, terdapat juga batu yang lebih kecil di ureter, yakni saluran yang menghubungkan ginjal menuju kandung kemih. Hal tersebut diungkap melalui laporan yang dipublikasi di The New England Journal of Medicine.

Para dokter yang merawat pria itu mencatat bahwa pasiennya menderita kanker kandung kemih lebih dari sepuluh tahun lalu sebelum akhirnya batubatu itu terbentuk.

Dikutip dari Live Science, Kamis (7/9/2017), pada saat itu, ahli bedah mengeluarkan kandung kemihnya. Para dokter pun membuat kandung kemih baru atau “neobladder” yang terbuat dari usus pria tersebut.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, seperti kandung kemih biasa, neobladder terhubung ke ureter dan uretra saluran tempat keluarnya urine.

Berdasarkan para penulis laporan, risiko seseorang untuk membentuk batu di saluran pembuangan urine akan meningkat jika menggunakan neobladder dari usus.

Pria tersebut kemudian menjalani operasi untuk mengeluarkan batu dari kandung kemihnya. Dokter pun harus menggunakan laser untuk memecah batu di ureter kirinya.

Setelah menjalani operasi, pria tersebut tak memiliki keluhan. Meski demikian, tim dokter terus memantau atas potensi terbentuknya batu baru.

Batu kandung kemih adalah gumpalan mineral yang terbentuk di dalam kandung kemih. Dalam beberapa kasus, batu tersebut terlalu kecil untuk dilihat menggunakan mata telanjang. Namun, dalam kasus lain, batu itu bisa berukuran lebih besar.

Menurut Guinness World Records, batu kandung kemih terbesar yang pernah tercatat sebesar 17,9 cm, dengan tebal 12,7 cm, dan tinggi 3,7 cm.