Lampung Timur Gerakkan Pariwisata Lewat Wisata Kemah

Lampung Timur semakin serius mempromosikan destinasi wisata andalannya. Pada Sabtu (26/8/2017), Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim, ikut memimpin Camping Wisata Lampung Timur yang diikuti para netizen dan aktivis media sosial.

Mereka berasal dari berbagai komunitas traveller yang aktif di media sosial, seperti kelompok kesenian Gading Gajah Art (GGA), Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lampung Timur, personil Layanan Publik (Call Center), Hubungan Masyarakat (Humas), dan lainnya.

“Tujuannya agar destinasi wisata Lampung Timur semakin banyak dieksplorasi dan diulas para bloggers, vloggers, Youtubers, Instagrammers, serta pengguna Twitter dan Facebook di jejaring media sosial mereka,” ujar Chusnunia.

Camping ground di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, hari itu menjadi ramai. Berbagai games tujuh belasan dipilih untuk memperingati HUT RI ke72, seperti lomba makan kerupuk, sepak bola dengan menggunakan sayur terong, dan tari balon berpasangan.

Taman Nasional Way Kambas memiliki luas 12.562.130 Ha. Pusat konservasi mamalia terbesar di darat itu menarik pengunjung karena ada kawanan gajah, saat ini gajah di TNWK sendiri berjumlah sekitar 52 dua ekor.

“Pagi dan menjelang petang hari, juga dapat melihat suguhan atraksi gajah yang sudah terlatih, seperti gajah bermain bola, gajah berjoget, gajah duduk, dan beberapa gaya gajah lainnya yang mengundang tawa pengunjung,” ucap Chusnunia.

Ia melanjutkan, ada juga atraksi menunggang gajah keliling area Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas. Pada malam hari, suasana camping semakin menyenangkan dengan api unggun.

Rencananya, pada 11 13 November 2017, Kabupaten Lampung Timur akan mengadakan Festival Way Kambas 2017 di Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas.

Festival Way Kambas sendiri merupakan ajang promosi alam di Taman Nasional Way Kambas. Tujuannya untuk memperkenalkan seni dan kebudayaan di Kabupaten Lampung Timur agar menjadi daya tarik wisata dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Lampung Timur.

“Temanya, Festival Way Kambas Lampung Timur Pesona Indonesia. Berbagai kegiatan mengangkat pesona alam dan budaya di Lampung Timur akan dikemas menarik,” kata Chusnunia.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, mengapresiasi keseriusan Kabupaten Lampung Timur dalam mempromosikan destinasinya melalui netizen dan rencana ke depan dengan Festival Way Kambas.

“Makin banyak wisatawan macanegara (wisman) dan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air ini membutuhkan pengelolaan atau manajemen destinasi yang kuat. Destinasi harus makin profesional dan berstandar global agar menarik,” ujar Arief.

Destinasi, lanjut Arief, harus punya 3A. Atraksi yang kelas dunia, Akses yang memudahan orang menuju ke lokasi melalui banyak moda, dan Amenitas sebagai tempat beristirahat seperti hotel, resort, dan akomodasi lainnya.