XL Gelar Forum Khusus untuk Tingkatkan Keamanan Siber Indonesia

Di tengah banyaknya ancaman siber saat ini, industri telekomunikasi mulai bersiap dalam menghadapi serangan tersebut. Untuk itu, XL Axiata berinisiatif menyelenggarakan forum diskusi yang bertujuan membangun kewaspadaan antarpelaku industri telekomunikasi.

Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan saat ini terjadi perubahan luar biasa dalam dunia industri sehingga organisasi juga turut berubah. Karena perubahan ini, manajamen risiko kini selalu disertakan untuk menjadi bagian perusahaan.

“Kami adakan forum ini agar bagaimana caranya dengan pelaku industri lain, dapat samasama membangun dan mencari jalan keluar. Kalau sudah begini (banyaknya ancaman) tentu kami mengesampingkan kompetisi,” paparnya ditemui di Media Update Ancaman Cyber di Industri Telekomunikasi di Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Menurut Dian, saat ini hampir seluruh perusahaan menggunakan sistem teknologi informasi (TI) dan koneksi ke dunia digital untuk mendukung aktivits bisnis. Untuk itu, ia menekankan pentingnya forum semacam ini mengingat serangan siber sering menyerang perusahaanperusahaan di Indonesia.

“Mencari ahli security saat ini masih susah. Di universitas juga belum banyak mata kuliah tentang keamanan siber. Makanya, kebutuhan tenaga asing masih besar. Padahal, liat tren sekarang, semua industri butuh (ahli security), seperti fintech,” tambah Dian.

Sekadar informasi, forum bernama Risk