Mobil Tak Punya Garasi, Tanggung Risikonya

Keinginan pemprov DKI Jakarta untuk menindak pemilik mobil yang parkir tanpa garasi bukan hal mustahil. Sebab, itu telah diadopsi sejumlah negara di dunia. Jepang salah satunya.

Di negara maju tersebut, aturan calon pemilik mobil memang wajib membuktikan bahwa mereka punya akses tempat parkir. Hal ini dapat menghindari seseorang dari kehabisan tempat parkir.

Aturan tersebut dikatakan telah diberlakukan pada 1962. Awalnya ia hanya diterapkan di kotakota besar, tapi sekarang sudah berlaku lebih luas.

Salah satu situs kepolisian daerah Jepang, police.pref.kanagawa.jp, menjelaskan lebih jauh soal tata cara pendaftaran sertifikat garasi ini. Setidaknya ada empat dokumen yang dibutuhkan, termasuk formulir pendaftaran, peta lokasi parkir, dan bukti kepemilikan slot parkir tersebut.

Perlu dicatat, tempat parkir yang didaftarkan haruslah memenuhi beberapa kriteria. Pertama, jarak antara parkiran dan rumah tidak boleh lebih dari dua kilometer.

Kedua, pemilik harus bisa memasukkan dan mengeluarkan mobilnya tanpa hambatan apa pun. Dimensi kendaraan pun harus sesuai.

Soal biaya, pengajuan sertifikat parkir dibebani biaya administrasi 2.100 yen atau setara Rp 247 ribu, dan biaya stiker parkir sebesar 500 yen (Rp 58 ribu).

Untuk mendaftarkan mobil baru atau saat ganti alamat tempat tinggal, pengendara perlu mendapatkan apa yang disebut dengan “sertifikat tempat parkir”, atau “sertifikat garasi”.

Aplikasi ini didaftarkan melalui kantor polisi di tempat yang bersangkutan.

Di sejumlah negara maju seperti Jepang, Uni Emirat Arab, Jerman, dan Inggris, parkir mobil memang tak selalu ada di rumah. Namun mereka menyewa parkir dengan bantuan teknologi canggih.

Ya, tempat parkir yang mereka gunakan bertingkat seperti gedung atau hotel, di mana mobil dimasukkan ke dalam sebuah dek, lalu mobil akan dimasukkan dan dibawa oleh sistem ke tempat parkir yang kosong.

Sedangkan pemilik cukup berdiam diri bahkan kembali melakukan aktivitas. Sistem komputerlah yang menyimpan mobil Anda, dan tak perlu takut tertukar.