Ketua MPR Bicara soal Demo Ricuh di Kantor YLBHI

Sumenep Ketua MPR Zulkifli Hasan menyayangkan terjadinya bentrok di depan kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Jakarta, Minggu malam, 17 September 2017. Dia meminta masyarakat tidak terprovokasi sehingga menimbulkan kericuhan.

Kita harus ingat, negara kita ini adalah negara hukum. Jadi tidak boleh dan tidak dibenarkan kalau main hakim sendiri, kata Zulkifli saat berkunjung ke Kabupaten Sumenep, Senin 18 September 2017.

Lebih lanjut, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) menjelaskan, jika masyarakat menemukan adanya pelanggaran hukum, mereka hendaknya melaporkan kepada pihak berwenang agar diproses sesuai hukum yang berlaku. Sebab aksi kekerasan tidak akan menyelesaikan permasalahan.

Oleh karena itu, kata Zulkifli, masyarakat diminta betulbetul dalam melaksanakan kegiatan. Jika berkaitan dengan isuisu sensitif, seharusnya disampaikan secara jelas kepada publik agar tidak sampai menimbulkan fitnah.

Intinya jangan sampai menimbulkan fitnah sanasini. Karena orang ketika sudah salah paham cenderung melakukan langkahlangkah yang tidak tepat, ucap dia.

Seperti diketahui, sekolompok massa berunjuk rasa menentang kegiatan diskusi yang dilaksanakan di Kantor YLBHI, Menteng, Jakarta. Akibatnya petugas kepolisian terpaksa membubarkan aksi massa tersebut, namun massa tak kunjung membubarkan diri dan akhirnya terjadi kericuhan.