Pengiriman iPhone X Kelamaan, Konsumen Bisa Berpaling ke Android?

Cupertino Trio iPhone terbaru Apple, iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone X, telah resmi diperkenalkan. Raksasa teknologi asal Negeri Paman Sam ini mengumumkan, iPhone 8 dan 8 Plus sudah bisa dipesan sejak 15 September 2017. Sementara, masa pemesanan iPhone X baru bakal dibuka pada 27 Oktober 2017.

Setelah masa pemesanan berakhir, barulah Apple bakal mengirimkan iPhone 8 dan 8 Plus pada 22 September 2017. Untuk iPhone X sedikit lebih lama. Apple baru akan mengirimkan iPhone premiumnya itu pada 3 November 2017.

Lamanya jadwal pengiriman iPhone X, di mata Toni Sacconaghi bisa menimbulkan masalah. Pengamat gadget dan industri di Bernstein tersebut mengatakan, penundaan pengiriman barang seperti yang Apple lakukan bisa mengubah pola pikir konsumen.

“Bisa saja nanti ada konsumen yang sudah memesan pada awal November, tetapi belum juga mendapatkan barangnya hingga 2018. Ini perlu diperhatikan, pasalnya bisa saja ada tawaran yang lebih menarik di luar sana,” ujar Sacconaghi sebagaimana dilansir CNBC, Senin (18/9/2017).

Maksud Sacconaghi, tawaran tersebut adalah kehadiran smartphone baru Android pesaing iPhone seperti Samsung bisa menggoda konsumen yang sudah terlanjur memesan iPhone X.

“Inovasi yang ditawarkan Apple tak lebih baik dari lima tahun ke belakang, lagipula smartphone baru Android ini fitur dan spesifikasinya menggiurkan dan lebih baik dengan iPhone X,” imbuhnya.

Sacconaghi juga mengungkap temuan survei Nielsen dan Elemenum ke 2.000 responden. 17 persen di antara konsumen mengaku, akan mencari cara lain jika tak kunjung mendapatkan gadget favoritnya. Survei ini dilakukan pada 2016, saat stok iPhone 7 Plus mulai habis.

Sementara, 45 persen mengaku akan membandingkan gadget yang hendak mereka beli dengan gadget lain, 23 persen akan membeli gadget lain jika memang lebih baik. Dan 14 persen sisanya akan bersikukuh menunggu gadget favoritnya.