Buah Mangga Dapat Menimbulkan Jerawat, Mitos atau Fakta?

Bagi sebagian orang memilih tidak mengonsumsi kacangkacangan, karena takut timbulnya jerawat. Kacang memiliki kandungan lemak yang tinggi, dan hal inilah yang sering kali menjadi pemicu timbul jerawat. Namun, bukan kacang saja yang banyak dihindari saat berjerawat. Ternyata buah mangga juga dapat menimbulkan jerawat, apakah mitos atau fakta? Seperti yang dilansir dari Indiatimes.com, Kamis (21/9/2017)

Cuaca panas dan terik, membuat Anda memilih buah segar yang dapat diolah menjadi jus, salad, maupun es buah. Mangga merupakan salah satu buah yang banyak diminati oleh banyak orang. Selain rasanya yang manis, buah mangga juga mengandung banyak manfaat baik bagi tubuh. Namun, siapa sangka buah yang menyegarkan ini dapat memicu tumbuhnya jerawat pada wajah.

Penyebab utama yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah tingginya hormon androgen dalam tubuh dan sekresi insulin. Buah mangga mengandung indeks glikemik yang dapat membuat kadar gula darah dan insulin meningkat. Oleh karena itu, orang yang sedang berjerawat memilih untuk menghindari buah mangga.

Ternyata bukan hanya buah mangga saja, makanan lain seperti permen, cokelat, dan kue manis yang mengandung kadar gula tinggi dapat berisiko mendorong tumbuhnya jerawat. Mengonsumsi buah mangga dengan porsi yang cukup tidak akan menjadi masalah. Namun, mengonsumsi secara berlebihan juga tidak baik bagi tubuh.

Kandungan vitamin A,B, dan C pada buah mangga, dapat melancarkan pencernaan. Supaya tidak muncul jerawat, pastikan menjaga kebersihan kulit dengan membersihkan wajah secara rutin. Bukan hanya itu saja, jauhkan rasa stres dan tidur dengan waktu cukup dapat membantu kulit lebih cerah.