Sedang Pacaran6 Fakta Menarik Panda yang Datang ke Indonesia

Bicara soal kandang, pihak Taman Safari Indonesia sudah menyiapkan rumah baru yang akan dihuni oleh Cai Tao dan Hu Chun. Sebuah lahan seluas 190 hektar yang terletak pada ketinggian 1.446 meter di atas permukaan laut sudah sulap menjadi habitat asli panda, yang selama ini hidup di daratan China.

Dikutip dari laman Voice of America, Presiden Taman Safari Tony Sumampow, untuk membangun kandang dengan fasilitas lengkap dibutuhkan sedikitnya Rp 60 miliar.

Menurut Direktur Taman Safari Jansen Manansang, ada banyak alasan yang membuat pihaknya menyediakan lahan seluas 190 hektar untuk Cai Tao dan Hu Chun.

“Ini merupakan standar yang telah ditentukan oleh pemerintah China dalam memelihara satwa unik ini,” ujar Jansen.

“Selain itu, pihak TSI ingin membuat kedua panda merasa nyaman dan dapat hidup secara bahagia di sana,” tambahnya.

Ketika menginjakkan kaki di lokasi penangkaran panda, pengunjung akan disajikan dengan bangunan bergaya oriental khas Negeri Tirai Bambu. Selain itu, akan ada dua patung panda berukuran besar yang akan menyambut kehadiran pengunjung.

Dari gambar, terlihat jelas suasana nyaman dan tentram, layaknya dataran tinggi yang ada di China. Hamparan gunung dan barisan pohon bambu juga menjadi pemandangan indah di tempat tinggal Cai Tao dan Hu Chun.

“Pihak Taman Safari merasa bahagia karena diberi kepercayaan sebagai lembaga yang akan bertanggung jawab dalam proses pengembangbiakkan panda,” ujar Jansen.

“Saya berharap, Taman Safari dapat memberikan performa terbaik dalam proses tersebut. Pasalnya, sudah ada beberapa satwa lain yang berhasil dikembangbiakkan oleh TSI, salah satunya komodo,” pungkas Jansen.