Denny Wirawan Kemas Batik Kudus Secantik Taman Bunga

Motif flora dan fauna serta perpaduannya dengan warnawarna cerah begitu cantik bagaikan taman bunga. Hal itu diwujudkan dalam koleksi terbaru Batik Kudus dalam brand Balijava oleh desainer Denny Wirawan.

Merayakan dua dekade berkarya lewat kain dan pola, Denny Wirawan yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation akan menampilkan koleksi terbaru Balijava Batik Kudus dalam peragaan busana bertajuk Wedari, yang digelar di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Kamis (28/9/2017).

Pagelaran busana Wedari ini mengangkat beragam motif dan isenisen Batik Kudus yang belum terpublikasi. Motif flora dan fauna nan elok dengan penuh warna ceria yang mengandung unsur hangat dan dingin semakin menambah khazanah kekayaan ragam motif wastra ini.

Wedari tampil sebagai sebuah pagelaran busana yang penuh harmoni dengan memadukan elemen budaya, tarian, musik, tata panggung, dan video mapping karya generasi muda Indonesia. Kentalnya sentuhan musik tradisional Kudus dan Jawa Tengah dipadukan secara apik dengan musik modern, tak ayal menghanyutkan khayal para penikmat fashion yang juga dimanjakan dengan indahnya detail dan beragam tampilan pola yang disuguhkan Denny Wirawan.

Fashion show dibagi menjadi empat sequence. sequence pertama menonjolkan bordir Kudus yang dulu sempat berjaya. Karenanya, warna yang dipilih adalah putih agar bordir lebih terlihat.

“Penggarapan bordir ini cukup rumit karena menggunakan alat bordir yang kecil,” kata Denny Wirawan di Jakarta.

sequence dua hingga empat menunjukkan taman sari dengan flora berwarnawarni seperti taman bunga yang sedang mekar. Motif tersebut sebenarnya adalah motif asli Batik Kudus yang dieksplorasi kembali oleh Denny Wirawan.