Dubes MacArthur: 65 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Kanada Memuaskan

Indonesia dan Kanada telah menjalin hubungan diplomatik dengan kurun waktu yang tak sebentar, yakni 65 tahun. Relasi kedua negara pun terjalin baik hingga saat ini.

Sejumlah kerja sama antara Indonesia dan Kanada pun telah dilakukan dan membuahkan hasil bagi kedua negara. Baik di bidang ekonomi, pendidikan, dan pariwisata.

“Kita merayakan tahun ke65 hubungan antara kedua negara, dan saya menilai hubungan ini memuaskan,” ucap Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Peter MacArthur, mengenai pencapaian antara Negeri Maple dan Tanah Air.

“Memang belum mencapai potensi sepenuhnya, kita sedang bersama menanjak, tapi belum pada kecepatan jelajahnya. Tapi saya akan bekerja keras, demikian juga dengan Kedutaan Besar dan rekanan Indonesia, agar mencapai potensi sepenuhnya dalam hubungan ini,” jelas pria yang telah berdinas di Indonesia sejak 2016.

Selain menjelaskan berbagai pencapaian Indonesia dan Kanada, Dubes MacArthur juga turut mengungkapkan kontribusi kedua negara bagi panggung dunia.

Vlog Jokowi Trudeau saat KTT G20 di Hamburg, Jerman, pada Juli lalu juga menjadi sorotannya dalam menggambarkan harmonisnya hubungan kedua negara.

Tak sampai di situ, isu multikulturalisme, pendidikan, dan yang tak kalah menarik soal asalusul bebek Loonie serta simbol daun maple pada bendera negara dengan Ibu Kota Ottawa tersebut juga turut diperbincangkan.

Saksikan perbincangan Duta Besar Peter MacArthur bersama jurnalis Liputan6.com, Farhannisa Nasution, selengkapnya dalam wawancara khusus berikut: