Toyota Luncurkan Hilux 4×4 Terbaru, Apa Hebatnya?

Tanpa seremoni khusus, PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan New Hilux 4×4 di Indonesia. Penyegaran pikap paling anyar ini hadir dengan mesin yang diklaim lebih kokoh dibandingkan model sebelumnya.

Menurut Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto, peluncuran New Hilux 4×4 merupakan bentuk apresiasi terhadap pelanggan Toyota di Indonesia.

Berdasarkan hasil survei yang kami lakukan, penyegaran kali ini memang lebih dikhususkan untuk melengkapi kebutuhan pelanggan line up 4×4, baik untuk penggunaan pribadi maupun komersial, kata Soerjo dalam keterangan tertulis, Senin (2/10/2017).

Toyota New Hilux 4×4, hadir dengan dua pilihan Extra Cabin dan Double Cabin (E, G, dan V). Kedua varian tersebut kini memiliki ukuran sama yaitu panjang 5.335 mm, lebar 1.885 mm, dan tinggi 1.815 mm.

New Hilux 4×4 jelas berbeda dengan model sebelumnya, hal ini terlihat dari dihilangkannya air scoop yang berada di bagian kap mesin.

Semua line up Hilux 4×4 kini menggunakan pelek berdimesi 17 inci dan roda berukuran 265/65. Perubahan ini diklaim akan membuat lebih nyaman dikendarai dalam baik kondisi on road maupun off road.

New Hilux juga telah menggunakan body structure dan suspensi yang dikembangkan agar mampu menahan beban berat serta melewati berbagai medan berat.

Selain itu, semua varian Double Cabin 4×4 sudah dilengkapi dengan differential lock agar mampu melahap berbagai rintangan jalan yang menantang.

Khusus pada varian V, terdapat fitur Hill Start Assist (HSA) yang berfungsi untuk mengatur kendaraan agar tidak meluncur saat turunan dan tidak mundur saat sedang menanjak.

New Hilux 4×4 kini telah menggantikan mesin 2 KDFTV VNT menjadi 2GDHI, di mana mesin ini diklaim mampu menghasilkan power lebih maksimal dibandingkan model sebelumnya dari 142 Tenaga Kuda (Tk) menjadi 147,5 Tk. Demikian juga dengan torsi, dari 35 kgm menjadi 40,8 kgm.

Untuk menunjang kinerja mesin, transmisi pun turut diubah untuk meningkatkan efisiensi penyaluran tenaga ke empat roda, yaitu dengan menggunakan model RC60 untuk transmisi manual dan AC 60 untuk transmisi otomatis 6speed yang digunakan varian V.

New Hilux hadir dalam lima pilihan warna, yaitu Super White II, Silver Metallic, Gray Metallic, Attitude Black Mica dan Crimson Red Metallic yang sebelumnya hanya tersedia pada V grade.

Model terbaru Hilux menyebabkan adanya peningkatan harga. Harganya lebih mahal Rp 59 juta. Misal untuk Hilux Extra Cabin E M/T yang semula harganya Rp 329 juta menjadi Rp 334 juta. Untuk varian double cabin E M/T harganya Rp 396 juta dari Rp 389 juta. Untuk double cabin varian G kini Rp 417 juta, semula Rp 410 juta. Sementara varian teringgi, V A/T, harganya Rp 456 juta dari Rp 446 juta.