Pengakuan Remaja Australia yang Kecanduan Instagram

Seorang remaja asal Australia, Charlotte Meagher, telah memiliki akun Instagram sejak berusia 13 tahun. Perempuan yang saat ini ia telah berumur 16 tahun itu, meyakini bahwa media sosial tersebut telah mengubah cara anakanak menjalani hidup mereka.

“Instagram telah membuat setiap aku bepergian, aku harus berfoto atau harus memasangnya di Instagram,” kata Charlotte seperti dikutip dari Australia Plus, Selasa (10/10/2017).

Remaja asal Perth, Australia Barat, itu mengatakan bahwa tekanan untuk mendokumentasikan setiap aktivitas yang dilakukannya tersebut, didorong oleh ketakutan bahwa jika waktu senggangnya tak disebarkan ke seluruh media sosial, maka aktivitas itu tak akan ada gunanya.

“Kami ingin orang lain iri dan terlihat menjalani hidup yang cemerlang ini,” kata Charlotte.

Charlotte mengatakan, lantaran ingin terlihat cukup kurus di fotofoto yang diunggah di akun instagramnya, ia sering mengurangi jumlah makanan yang disantapnya.

“Aku ingat suatu kali aku merasa benarbenar frustasi dan kecewa karena aku terlalu takut untuk mengenakan pakaian renang…aku menjadi semacam agak ketakutan mengenai hal itu,” ujar dia saat menengang semasa berlibur di Bali.

Merenungi sikapnya di masa lalu, dia mengatakan, pencariannya untuk memproyeksikan kehidupan yang sempurna telah menjadikan dia kehilangan masa kanakkanak.

Meski demikian, Charlotte masih menggunakan akun Instagramnya. Namun saat ini ia telah menyadari bahwa detoksifikasi secara reguler telah membantunya mengendalikan aplikasi dalam mempengaruhi perasaannya.